Selamat Datang di Blog Program Bisnis dan Pemasaran SMK NEGERI 1 WAINGAPU Alamat Jl. Jend. Soeharto No.- Telp. (0387) 61829 - Waingapu - Kabupaten Sumba Timur - Provinsi Nusa Tenggara Timur - Indonesia
 

Iklan

Rabu, 28 Mei 2014

POTRET DESA KIRITANA

0 komentar
Kampung Laihiding satu bagian wilayah yang terisolir yang masih tertinggal dan jauh dari hiruk pikuk keramaian kota Waingapu karena lokasi wilayahnya geografisnya berada di ujung desa di Kiritana dan letaknya juga harus melewati sungai yang besar, kampung ini bagi orang – orang yang tinggal dikota tidak akan pernah mengetahui letaknya. Sesungguhnya dusun ini kalau lokasinya tidak sulit untuk dijangkau dengan kendaraan maka dengan mudah kita menemukannya kerena letaknya dekat sekali dari pusat desa, namun karena letaknya harus melewati sungai sebanyak dua kali serta harus mendaki gunung yang cukup terjal untuk menemukan maka sangat sulit untuk kita menjangkau kampung ini.



Dikampung ini para penghuninya pekerjaan sehari – hari mereka adalah petani, kampung ini merupakan kampung yang subur, petani dikampung ini banyak menghasilkan sayur – sayuran, cabe, terung, kacang – kacangan yang banyak menyumbang untuk masyarakat kota Waingapu kabupaten Sumba Timur dimana merupakan kabupaten kampung ini berada. Masyarakat dikampung ini juga banyak yang memelihara hewan ternak sebagai hewan peliharaan mereka seperti kuda, sapi, kerbau, kambing, dan babi.


Anak – anak yang berada dikampung ini ada juga yang sekolah, walaupun kampung mereka terisolir tetapi niat mereka untuk menimba ilmu sangatlah tinggi, namun yang menjadi kendala bagi mereka adalah lokasi sekolah mereka yang berada jauh dari kampung mereka, anak – anak sekolah ini bersekolah di SD Negeri Bidipraing sekolah yang berada dekat dengan lokasi kantor desa, setiap hari anak – anak ini harus menyeberangi sungai yang luas sebanyak dua kali dan harus naik turun gunung untuk bisa tiba disekolah mereka terlebih lagi jika musim hujan datang maka anak sekolah ini akan sulit untuk datang ke sekolah mereka karena sungai yang harus mereka lewati banjir besar.

                  

Semestinya pemerintah di Kabupaten ini haruslah memikirkan keadaan ini untuk menempatkan satu sekolah kecil di kampung ini agar anak sekolah yang berada di kampung ini dengan mudah untuk memperoleh ilmu.
Namun kini berkat kerja keras dari seorang pemimpin desa ini maka kampung Laihiding sudah mulai bisa di akses walau masih hanya bisa dengan menggunakan sepeda motor karena bapak. Jhonson Dena Tola  sebagai kepala desa yang baru di desa ini telah berusaha dengan mencari bantuan untuk membuka akses jalan ke kampung ini, dengan dibukanya jalan menuju kekampung ini maka siapapun yang ingin berkunjung ke kampung ini tidak sesulit sebelum dibukanya akses jalan menuju kesana.


                      

Masyarakat di kampung ini dengan sudah dibukanya jalan menuju ke wilayah mereka sangatlah gembira karena mereka tidak lagi sulit untuk bisa berkunjung ke kampung tetangga mereka serta tidak sulit juga untuk turun ke kota. Menurut kepala dusun wilayah ini yang bernama Umbu Tunggu ‘ Kami merasa senang dengan sudah dibukanya jalan menuju ke kampung kami, sebelumnya kami harus menyebrangi sungai dan melewati bukit untuk bisa kemana – mana tapi sekarang sudah mudah terlebih lagi beberapa masyarakat di kampung kami sudah ada yang memiliki kendaraan sepeda motor” ucapnya,
Harapan mereka kedepan semoga jalan yang sudah di buka ini semakin ditingkatkan lagi kualitasnya agar kendaraan besar dapat bisa mencapai kampung ini, dan bagi anak – anak mereka agar pemerintah bisa menyiapkan sebuah sekolah yang membuat anak – anak mereka tidak lagi pergi jauh ke kampung sebelah mereka untuk menimba ilmu. Semoga pemerintah tidak menutup mata dalam hal pembangunan di wilayah kampung ini agar pembangunan di semua tempat dapat merata. /(andy)


0 komentar:

Posting Komentar